Breaking News

Elephone U-Disk: Flashdisk Terenkripsi Yang Cuma Bisa Dibuka Lewat Sidik Jari


Apple memang bukan perusahaan pertama yang menyertakan fitur sensor sidik jari ke dalam produk ponsel mereka, namun kehadiran Touch ID di iPhone 5s lah yang memicu produsen-produsen lain untuk menambahkan fitur serupa ke produk mereka berikutnya. Saat ini fitur tersebut sudah begitu umum dipakai di Android, bahkan sejumlah produk dari kelas menengah ke bawah juga sudah memilikinya; alias bukan lagi sebuah fitur eksklusif untuk produk kelas atas saja.

Hal tersebut tampaknya mengilhami Elephone untuk memakainya di produk lain, yang idealnya juga perlu memiliki fitur pengaman untuk file-file penting di dalamnya. Selama ini Anda mungkin sudah sering mendengarkan cerita, atau bahkan mengalami sendiri, pengalaman apes dimana USB flashdisk teman Anda hilang entah ke mana. Jika filashdisk tersebut menyimpan sejumlah data penting mengenai tempat Anda bekerja, akan sangat berbahaya jika flashdisk tersebut hilang dan ditemukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab bukan?

Untuk menjawab masalah ini, Elephone pun memutuskan untuk menambahkan sebuah sensor sidik jari ke dalam calon produk flashdisk terbaru mereka, yaitu U-disk. Lewat kehadiran sistem pemindai ini, flashdisk akan terenkripsi dan cuma akan bisa dibuka lewat sidik jari pemilik sesungguhnya.

Tak cuma itu, flashdisk juga bisa dipartisi menjadi 2 bagian: 1 untuk akses umum, dan 1 lagi untuk akses pribadi. Bagian untuk bisa Anda pakai untuk menyimpan file-file biasa, sementara bagian pribadi bisa diatur agar tertutup untuk waktu-waktu tertentu saja. Yang tak kalah penting, proses pemindaian sidik jari juga hampir instan dan akurat.

Flashdisk ini bakal kompatibel dengan berbagai macam OS; mulai dari Windows, MacOS dan juga Linux. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai varian kapasitas, jadwal rilis serta harga jualnya, namun Elephone tampaknya segera merilis pengumuman resmi mengenai ketersediannya.

No comments