Breaking News

Area 404, Lab Facebook untuk Membuat Drone dan Perangkat Keras Lainnya


Salah satu rahasia kesuksesan perusahaan teknologi adalah kemampuan divisi R&D menciptakan inovasi produk terbarunya. Google mempunyai laboratorium Lab X, sedangkan Facebook mempunyai laboratorium baru bernama Area 404.

Area 404 merupakan tempat para teknisi Facebook untuk melakukan eksperimen dan mengembangkan teknologi dan hardware baru. Para teknisi Facebook ditantang untuk mewujudkan mimpi Mark Zuckerberg (CEO Facebook) yang ingin setiap orang termasuk di tempat-tempat terpencil terhubung dengan internet melalui perangkat pintar, headset VR, dan drone.

“Saat Anda ingin menghubungkan dunia. Anda harus membangun berbagai jenis hardware yang berbeda untuk membantu orang-orang saling terhubung,” kata Jay Parikh (Head of Engineering and Infrastructure, Facebook) seperti dilansir AP.


Belum lama ini, Zuckerberg menjelaskan visi Facebook untuk 10 tahun ke depan, termasuk layanan berbasis VR, kecerdasan buatan, dan akses internet untuk kawasan terpencil di dunia. “Area 404 akan menjadi tempat para teknisi untuk mendesain server yang efisien daya, menguji baling-baling drone, dan memperbaiki prototipe dari kamera 360 derajat,” ucapnya.

Alasan pemberian nama laboratorium Area 404 berasal dari sebuah candaan “error 404”, sebuah pesan yang tampil saat Anda gagal mencari halaman situs di internet.

Facebook dituntut untuk mengembangkan divisi bisnisnya mengingat persaingan antar kompetitor semakin ketat dan pendapatan Facebook yang besar. Facebook mendapatkan pemasukan US$8 miliar atau Rp104 miliar dari iklan pada kuartal lalu.

Dua tahun lalu, Facebook menghabiskan US$2 miliar untuk membeli Oculus VR, sebuah startup yang membuat headset VR.

No comments